Materi Microsoft Word (Membuat surat)

    1. Membuat OutLine

        Sebelum membuat paragraf untuk pembuatan laporan, perlu dibuat outline sehingga penulisan lebih terstruktur. Adapun pembuatan outline sebagai berikut:

    1. Buatlah judul-judul bab, misal: BAB 1 BAB 2 BAB 3 
    2. Klik menu view pilih outline sehingga tampak tampilan berikut:
    3. Arahkan kursor pada BAB 1 kemudian klik ‘Body Text’ dan pilih ‘Level
    4. Sehingga tampak hasil sebagai berikut 
    5. Lakukan hal yg sama pada BAB 2 dan BAB 3
    6. Untuk membuktikan bahwa outline yang di buat berhasil maka pada layar sebelah kiri akan terlihat dokumen map seperti berikut 
    2. Membuat paragraf 
    1. Buka aplikasi MS WORD 
    2. Buatlah judul yang sesuai dengan isi paragraf yang  di buat
    3. Untuk dapat membuat judul di atas langkah-langkahnya sebagai berikut :
    4. Pilih judul kemudian klik pada menu Home - Bold(B) - dan Cemter
    5. Ketiklah paragraf dibawah judul, Dunia elektronika tidak akan lepas dari yang namanya proses pengukuran. Suatu pengukuran pasti akan memerlukan instrumen atau alat ukur agar menetukan suatu besaran atau variable dari komponen yang akan di ukur. Seiring berkembangnya teknologi tuntutan kebutuhan alat ukur yang mempunyai ketelitian  serta keakuratan tinggi semakin meningkat guna mengimbangi munculnya teknologi baru. Pemahaman konsep dasar tentang pengukuran  prinsip - prinsip kerja dari alat ukur sangat di perlukan oleh pengguna maupun praktisi bidang eletronika. ( Wiliam Dacit Cooper, 1985:1 ). Pargraf diatas terlihat belum rapi, oleh karena itu diperlukan pengaturan. Dengan langkah sebagai berikut: 
    6. Pilih paragraf, klik menu home dan klik justify  sehingga paragraf tampak seperti berikut 
    3. Membuat Kop Surat

    Sebelum membuat surat, perlu di buat Kop Surat untuk menyatakan identitas pembuat surat dengan langkah sebgai berikut: 
    1. Klik menu Insert 
    2. Pilih Header
    3. Tulislah nama instansi, alamat, no tlpn, dan lainnya yang di perlukan sebagai identitas. 
    4. Contoh 
    4. Mail Merge

    Mail Merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu terutama bila penerimanya sangat banyak.


    0 Comments:

    Posting Komentar